05 June 2020, 05:34 WIB

Penanganan Lebih Fokus di Tiga Provinsi


Pra/Ifa/X-10 | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo me- Obesitas pada Anak minta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, TNI, Polri, serta kementerian/lembaga terkait untuk lebih fokus pada tiga provinsi dengan angka penularan virus korona yang masih tinggi. Ketiga provinsi itu ialah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

“Tolong ini dijadikan perhatian khusus sehingga angka penyebaran bisa kita tekan lebih turun lagi,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, kemarin.

Selain itu, Presiden meminta gugus tugas untuk meningkatkan jumlah spesimen yang diperiksa menjadi minimal 20 ribu per hari.

“Untuk pengujian spesimen, yang dulu saya targetkan 10 ribu per hari sudah terlampaui. Saya harap target berikutnya, ke depan, ialah 20 ribu per hari,” tegas Jokowi.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan akan memberikan dukungan penuh kepada tiga provinsi yang mengalami lonjakan kasus covid-19 itu.

“Kami akan meningkatkan kemampuan tiga daerah itu di bidang fasilitas dan alat kesehatan serta pelacakan terhadap masyarakat yang diduga positif,” ujar Doni seusai mengikuti rapat terbatas.

Kemarin, jumlah pasien covid-19 yang sembuh bertambah 486 sehingga total menjadi 8.892 orang. Pasien terkonfirmasi positif bertambah 585 menjadi 28.818 orang. Adapun pasien meninggal bertambah 23 sehingga total menjadi 1.721 orang.

“Penambahan kasus positif terbanyak terjadi di Kalimantan Selatan, yaitu 109 kasus tanpa ada penambahan pasien yang sembuh,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Selanjutnya DKI Jakarta melaporkan 94 kasus positif dan pasien yang sembuh sebanyak 21 orang. Lalu ada Jawa Timur dengan 90 kasus positif dan pasien sembuh 290 orang.

Penambahan kasus positif cukup tinggi, sebanyak 54, juga dilaporkan di Sulawesi Selatan dengan pasien sembuh 3 orang.(Pra/Ifa/X-10)

BERITA TERKAIT