05 June 2020, 05:20 WIB

Jemaah tidak Berniat Tarik Biaya Haji


MG/DW/MY/JS/N-1 | Nusantara

Jemaah haji yang batal berangkat tahun ini menyatakan memahami keputusan pemerintah yang tahun ini tidak memberangkatkan jemaah haji. Mereka bahkan tidak berniat menarik kembali biaya perjalanan ibadah haji yang telah disetor dan menyimpannya untuk keberangkatan tahun depan.

Keputusan tidak mengambil biaya haji antara lain disepakati oleh jemaah haji haji plus di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, setelah mereka memperoleh sosialisasi penundaan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Azzamzam Pamekasan.

“Kami memahami bahwa keputusan pemerintah RI itu murni akibat tertutupnya akses haji di Arab Saudi,” kata juru bicara Kelompok Bim­bingan Ibadah Haji (KBIH) Azzamzam Pamekasan, Nur Afifah, kemarin.

Menurutnya, jemaah tidak menarik kembali biaya yang disetor karena pemerintah sudah menjamin dana itu tidak akan hilang dan dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji. Selain itu, jemaah yang semula dijadwalkan berangkat tahun ini juga menjadi prioritas pada pemberangkatan tahun depan.

“Kami berharap tahun depan kondisinya normal dan tidak ada pengurangan kuota,” ujarnya.

Sepasang suami dan istri yang merupakan jemaah haji asal Kota Palembang, Sumatra Selatan, Refi Indra, 56, dan Erlina, 56, juga memilih tidak mengambil uang pelunasan haji yang sudah mereka bayar. Keduanya berharap tahun depan bisa berangkat ke Tanah Suci.

Meski mengaku sempat sedih atas pembatalan pemberangkatan haji tahun ini, Refi dan Erlina akhirnya bisa menerima keputusan pemerintah. Mereka bahkan menerima pembatalan sebagai ketentuan Allah SWT.

Karena itu, lanjutnya, ia tidak akan mengambil kembali biaya haji yang sudah disetor karena ia bersama istrinya tetap ingin berangkat ke Tanah Suci untuk kesempatan berikutnya.

Sementara itu, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mempersilakan jemaah haji yang batal berangkat tahun ini untuk mengambil biaya mereka jika mereka ingin mengambilnya. (MG/DW/MY/JS/N-1)

BERITA TERKAIT