04 June 2020, 21:55 WIB

Kapolri Diminta Serius Usut Dugaan Salah Tembak di Poso


M Taufan SP Bustan | Politik dan Hukum

KAPOLRI Jenderal Pol Idham Aziz diminta mengusut tuntas dugaan salah tembak dua petani di Poso, Sulawesi Tengah. Tindakan aparat yang melakukan penembakan terhadap dua petani yang tidak ada kaitannya dengan teroris sangat disesalkan.  

"Oleh karena itu pelaku harus diproses dan dimintai pertangung jawaban secara hukum," tegas anggota Komisi III DPR RI Syarifudin saat dihubungi mediaindonesia.com, dari Palu, Kamis (4/6).  

Dia menjelaskan, tindakan error in personal seharusnya tidak terjadi, manakala aparat melakukan tugasnya secara profesional dengan deteksi dini para pelaku.

"Kalau aparat dalam operasi teliti pasti tidak akan ada korban dari warga sipil. Apa lagi kejadian itu di area operasi perburuan teroris," tegas Syarifudin.  

Wakil rakyat yang terpilih dari dapil Sulteng itu mengaku, akan mengundang kapolri dalam rapat kerja bersama Komisi III dan membahas dugaan salah tembak ini.  

"Saya kira setiap persoalan penyalahgunaan kewenangan yang berkaitan dengan tupoksi Polri yang terjadi akan kita konfirmasi saat rapat kerja dengan kapolri," tandas Syarifudin. (OL-13)

Baca Juga: Sejumlah Ormas Minta Kapolri Hentikan Operasi Tinombala di Poso

BERITA TERKAIT