04 June 2020, 21:26 WIB

Dimulai Pertengahan Juli, MotoGP 2020 Maksimal Gelar 13 Balapan


Akmal Fauzi | Olahraga

AJANG balap motor, MotoGP akan segera mengumumkan kalender terbaru untuk musim balap 2020. CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menyebut MotoGP bakal dimulai pada pertengahan Juli 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Ezpeleta menjelaskan akan ada 12-13 seri yang berlangsung dari Juli hingga November. Beberapa sirkuit disebut akan melangsungkan dua balapan. Sementara itu, Ezpeleta belum bisa menjamin akan ada balapan di luar Eropa.

“Kalender balapan akan diumumkan pekan depan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, balapan dimulai di Jerez pada 19 Juli. Akan ada 12-13 balapan. Untuk balapan terakhir berlangsung pada awal November," kata Ezpeleta.

“Untuk balapan di luar Eropa masih harus kami pertimbangkan. Setelah dua balapan awal di Jerez, kami akan melihat apakah kalender balapan bisa berlangsung 12, 14, atau maksimal 16 seri," lanjutnya.

Baca juga : Dampak Covid-19, Olimpiade Tokyo Digelar Sederhana

Beberapa sirkuit di Eropa yang diperkirakan bisa menggelar balapan MotoGP adalah Jerez (Spanyol), Brno (Republik Ceko), Red Bull Ring (Austria), Aragon, Valencia, Barcelona (Spanyol), Misano (San Marino), atau Le Mans (Prancis).

Ezpeleta juga menjelaskan terkait protokol keselamatan yang sedang dikembangkan untuk seri balap MotoGP yang kemungkinan digelar tanpa penonton.

“Kami telah membuat protokol yang sangat jelas, bekerja sama dengan berbagai Menteri Olahraga di berbagai negara yang akan kami kunjungi,“ jelasnya.

"Maka pada prinsipnya, setiap pembalap yang datang untuk berlomba akan memiliki tes medis sebelumnya, dan jika dokter memutuskan mereka perlu melakukan tes, mereka akan melakukannya sebelum datang ke perlombaan pertama di Spanyol,” tambahnya. (Crash/OL-7)

BERITA TERKAIT