04 June 2020, 19:57 WIB

Masjid Istiqlal Belum Gelar Jumatan karena Masih Renovasi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MESKI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan tempat ibadah dibuka untuk umum dalam masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Masjid Istiqlal masih ditutup untuk Salat Jumah dan ibadah rutin lainya.

"Besok kami belum menggelar Jumatan untuk umum, masih renovasi," ungkap Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (4/6).

Progres pembangunan Masjid Istiqlal, kata Abu, sudah mencapai 90%. Renovasi tempat itu direncanakan selesai dalam satu bulan ke depan atau pada Juli mendatang.

"Sudah tahap akhir 90% lebih. Diagendakan selesai dan diserahterimakan nanti," kata Abu.

Saat peresmian atas renovasi Masjid Istiqlal, Abu mengatakan ada rencana untuk mengadakan ibadah salat berjamaah. Namun, hal itu masih belum diputuskan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

"Ya kita tunggu saja keputusan imam besar yang sudah diserahi amanah mengurus masjid terbesar di Asia tenggara ini," pungkas Abu.

Anies Baswedan telah mengizinkan rumah-rumah ibadah dibuka besok Jumat (5/6), namun dengan ketentuan protokol Covid-19. Dalam pembukaan tersebut hanya digunakan untuk ibadah rutin.

Diluar ibadah rutin, rumah ibadah tidak diperkenankan. Ketentuan lainya yang harus dipatuhi pengurus dan jamaah ialah tetap menjaga jarak.

"Besok , rumah ibadah bisa dibuka. Saya meminta kepada semua pengelola ibadah utnuk segera melihat secara detail protokol Covid-19 agar ketika masayarakat mulai datang bisa disiapkan," ujar Anies dalam video resmi Youtube Pemprov DKI Jakarta, hari ini. (OL-4)

BERITA TERKAIT