04 June 2020, 13:46 WIB

Mulai Besok Rumah Ibadah Boleh Buka


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MESKI masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diperpanjang dengan masa transisi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengizinkan rumah-rumah ibadah dibuka besok Jumat (5/6), namun dengan ketentuan protokol Covid-19.

"Besok rumah ibadah bisa dibuka. Saya meminta kepada semua pengelola ibadah utnuk segera melihat secara detail protokol Covid-19 agar ketika masayarakat mulai datang bisa disiapkan," ujar Anies dalam video resmi Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6).

Dalam pembukaam ibadah tersebut hanya digunakan untuk ibadah rutin. Diluar ibadah rutin, rumah ibadah tidak diperkenankan. Ketentuan lainya yang harus dipatuhi pengurus dan jamaah ialah tetap menjaga jarak. Lalu ketika sudah selesai beribadah ada penyemprotan disinfektan.

"Ketika sudah selesai, harus ada penyemprotan disinfektan. Di buka satu jam lalu ditutup satu jam kemudian. Ini untuk menghindari potensi penularan," kata Anies.

Anies juga mengatakan, di dalam masjid dan mushola ada ketentuan tidak menggunakan karpet dan permadani. Setiap jamaah harus membawa sajadah sendiri. Alas kaki juga disimpan sendiri dalam tas atau plastik.

"Sama di Mekkah dan Madinah, tempat penitipan sandal itu potensi desak-desakan. Diluar itu, jarak harus dijaga. Jumlah jamaah hanya 50% dari ruangan," tandas Anies. (J-1)

BERITA TERKAIT