04 June 2020, 06:10 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Kalsel Lampui 1.000 Kasus


Denny Susanto | Nusantara

JUMLAH kasus positif virus korona di Kalimantan Selatan saat ini sudah melewati angka 1.000 kasus. Kondisi ini membuat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalsel minta dukungan PCR mobile ke pusat.

"Jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah melampaui angka 1.000 kasus. Ini benar-benar mengkhawatirkan," tutur Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim, Rabu (3/6).

Saat ini tercatat jumlah kasus positif virus korona sudah mencapai angka 1.033 kasus bertambah 64 kasus dari hari sebelumnya. Tercatat ada 841 orang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit dan lokasi karantina khusus.

Sejauh ini jumlah penderita yang berhasil disembuhkan hanya 10 persen atau 101 orang dan penderita meninggal 91 orang atau sembilan persen. Kemudian ada 777 orang dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan 207 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Penderita Covid terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin sebanyak 476 orang disusul Kabupaten Tanah Bumbu 133 orang, Kabupaten Banjar 115 orang dan Kabupaten Barito Kuala 89 orang.

Dari 64 kasus posotif terakhir, terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tanah Laut. Menurut Muslim pihaknya akan terus menggiatkan aksi penelusuran (tracking dan tracing) warga terduga terpapar virus korona di lapangan.

"Sejak sebelumnya sudah kita prediksi akan terjadi lonjakan jumlah kasus positif virus korona ini seiring gencarnya aksi petugas di lapangan," ujarnya.

Gugus Tugas Covid-19 Kalsel menargetkan pada Agustus mendatang pandemi virus korona sudah dapat dike dikendalikan. Terkait hal ini pula pihaknya akan meminta dukungan unit PCR mobile kepada pemerintah pusat agar penanganan virus korona dapat lebih maksimal. (R-1)

 

BERITA TERKAIT