04 June 2020, 04:55 WIB

Protokol Kesehatan akan Diterapkan di Kawasan Wisata Baturraden


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan kenormalan baru (new normal) di kawasan wisata Baturraden. Nantinya, para petugas dan pengunjung harus mengikuti protokol penanggulangan Covid-19.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandani mengatakan kalau pihaknya sudah mulai menyiapkan kenormalan baru khususnya di kawasan wisata yang dikelola pemerintah. "Ada standar operasional prosedur (SOP) yang wajib dilakukan oleh pengelola, seperti mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak," jelas Asis pada Rabu (3/6).

Dikatakan Asis, pengelola kawasan wsiata Baturraden akan melengkapi para petugasnya dengan alat pelindung diri seperti masker dan face shield. "Selain itu, mereka juga akan memeriksa suhu tubuh pengunjung yang akan masuk ke Lokawisata  Baturraden. Jika ada pengunjung dengan suhu di atas 38 derajat Celcius, maka tidak akan diperbolehkan masuk ke Baturraden. Selain itu, kami juga memasang papan peringatan agar para wisatawan yang masuk tetap menjaga  jarak dan wajib mengenakan masker. Ini wajib ditaati," tegasnya.

Pihaknya juga telah mengatur jarak antarpedagang di kawasan wisata tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya desak-desakan para pengunjung. "Sehingga tetap menjaga social distancing dan physical distancing, jelas Asis.

Asis mengungkapkan pihaknya akan melaksanakan pembatasan jumlah pengunjung dan sewaktu-waktu dapat menutup gerbang Lokawisata Baturraden agar tidak berdesak-desakan atau berkerumun. "Namun, kami juga belum tahu kapan Lokawisata akan dibuka," kata dia. (R-1)

 

BERITA TERKAIT