04 June 2020, 03:10 WIB

Nakhoda dan 15 ABK KM Inkamini Ditemukan Selamat


M Taufan SP Bustan | Nusantara

SELURUH korban tenggelamnya KM Inkamini di perairan Teluk Tolo, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, ditemukan selamat. Kepala Basarnas Palu Basrano mengatakan, dari hasil pencarian sekitar pukul 16.30 WITA Selasa (2/6) yang dilakukan tim gabungan yang dibantu nelayan setempat berhasi mengevakuasi belasan Anak Buah Kapal (ABK) KM Inkamini.

Dalam pernyataannya, Rabu (3/6), Basrano mengatakan para korban ditemukan di Perairan Teluk Tolo, sekitar 22 mil dari Pelabuhan Bungku, ibu kota Kabupaten Morowali. Mereka yang selamat dalam peristiswa tersebut adalah nahkoda Iwan Kasim bersama 15 ABK.

Iwan Kasim menyebutkan, kapal Inkamini 01 tenggelam akibat cuaca buruk yang terjadi di wilayah Perairan Teluk Tolo. "Saat kami berlayar cuaca buruk terjadi hingga membuat kapal oleng dan langsung tenggelam," terangnya.

Sebelum kapal tenggelam, seluruh ABK menyelamatkan diri dengan terjun ke laut. "Alhamdulillah semua kami selamat dan saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dari tim gabungan yang telah melakukan pencarian," ungkap Iwab .

KM Inkamini tenggelam pada Selasa, 2 Juni 2020 sekitar pukul 13.30 WITA. Anggota Polairud Morowali menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kapal nelayan penangkap ikan jenis pukat cincin yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Teluk Tolo.

Menindaklanjuti laporan itu, Pos Polairud Morowali yang berkoordinasi dengan Basarnas Morowali, PSDKP Morowali, dan Posmat TNI AL Morowali langsung bergerak dari Pelabuhan Bungku mencari kapal Inkamini 01 yang tenggelam tersebut dengan menggunakan kapal nelayan Mitra Usaha Bersama
01. (R-1)

BERITA TERKAIT