04 June 2020, 01:20 WIB

Ratusan Petugas Kesehatan di Nigeria Terinfeksi Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

LEBIH dari 800 pekerja kesehatan Nigeria telah terinfeksi virus korona baru (covid-19) sejak kasus pertama dikonfirmasi Februari. Demikian dilaorkan media lokal, Rabu (3/6).

“Kami telah memiliki 812 petugas kesehatan yang terinfeksi, mereka bukan hanya angka, 29 di antaranya bekerja untuk Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC). Mereka adalah orang-orang yang saya kenal, mereka memiliki keluarga, istri, dan anak-anak,” ujar Direktur Jenderal NCDC, Chikwe Ihekweazu.

Delapan dari mereka berada di pusat perawatan Idu, kata Ihekweazu, berbicara pada briefing harian Satuan Tugas Covid-19 di ibu kota Abuja pada Selasa (2/5). Ini terjadi setelah Asosiasi Dokter Residen Nigeria mengatakan mereka akan melakukan pemogokan yang tidak terbatas jika pemerintah gagal memenuhi tuntutan mereka dalam waktu 14 hari.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Federal Osagie Ehanire mendesak semua dokter residen untuk tidak melakukan mogok kerja, tetapi supaya menggunakan cara komunikasi untuk membahas masalah yang mereka hadapi di tingkat menteri. Dia meyakinkan para petugas kesehatan mereka akan diberi semua bahan yang mereka butuhkan untuk bekerja termasuk peralatan perlindungan pribadi.

Jumlah kasus covid-19 yang dikonfirmasi di negara ini telah mencapai 10.819. Dari jumlah tersebut, terdapat 314 kematian dan 3.240 kesembuhan. (AA/R-1)

BERITA TERKAIT