04 June 2020, 03:40 WIB

Emma Watson Buka Suara tentang Rasialisme


MI | Humaniora

AKTRIS Emma Watson, 30, bersuara terkait dengan kasus rasialisme yang dialami George Floyd di Amerika Serikat. “I stand with you,” tegas Emma di akun Instagram @emmawatson, kemarin.

Emma juga mengunggah pernyataannya tentang rasialisme. “Ada begitu banyak rasialisme, baik di masa lalu maupun masa kini kita, yang tidak diakui ataupun diperhitungkan. Supremasi kulit putih ialah salah satu sistem hierarki dan dominasi, eksploitasi dan penindasan, yang dijahit erat ke masyarakat. Sebagai orang kulit putih, saya mendapat manfaat dari ini,” ujar pemeran Hermione dalam Harry Potter tersebut.

Emma mengaku perlu usaha keras untuk mencegah rasialisme struktural dan institusional. “Saya akan menggunakan bio dan Twitter saya untuk membagikan tautan ke sumber yang saya temukan berguna untuk penelitian, pembelajaran, dan mendengarkan,” lanjutnya.

Ia memungkasi pernyataanya dengan kalimat empati. “Saya melihat amarah, kesedihan, dan rasa sakitmu. Saya tidak tahu seperti apa rasanya bagimu, tetapi itu tidak berarti saya akan enggan mencobanya,” pungkasnya.

Emma menjadi duta Goodwill PBB Perempuan sejak 2014. Dia berperan aktif dalam berbicara tentang kesetaraan gender dan perlunya partisipasi perempuan dalam politik. (Zuq/H-3)
 

BERITA TERKAIT