04 June 2020, 03:10 WIB

A Syafii Maarif Tidak Sehebat yang Dibayangkan


MI | Humaniora

ULANG tahun ke-85 mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah A Syafii Maarif dirayakan antara lain dengan tiga diskusi virtual. Diskusi virtual pertama diselenggarakan pada 29 Mei 2020 oleh Maarif Institute.

Diskusi kedua dilaksanakan pada 31 Mei 2020, juga oleh Maarif Institute. Diskusi ketiga diselenggarakan pada 1 Juni 2020 oleh Jaringan Intelektual Berkemajuan. Ketiga diskusi menampilkan narasumber dari berbagai kalangan.

Buya Syafii, panggilan Syafii Maarif, dalam diskusi-diskusi itu sengaja memosisikan diri sebagai pendengar yang baik. “Saya sengaja membisu, tetapi hampir semua pembicara saya ikuti dengan tekun. Tarimo kasiah (terima kasih) anak-anak muda yang saya banggakan. Saya ikuti seluruhnya, tetapi saya tidak sehebat seperti yang dibayangkan. Saya merasa terlalu banyak umur saya yang tersia-sia karena terlambat dalam banyak segi. Namun, terima kasih yang tulus atas segala doa dan harapan yang telah disampaikan,” ujarnya panjang lebar.

Syafii Maarif lahir di Sumpur Kudus, Sumatra Barat, pada 31 Mei 1935. Pada 2008, Buya Syafi i mendapatkan penghargaan Magsaysay
Award dari Ramon Magsaysay Foundation (Uks/H-3)
 

BERITA TERKAIT