03 June 2020, 20:33 WIB

DPRD : DKI Bakal Terapkan PSBB Transisi Selama 1 Bulan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MASA pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta akan berakhir besok ( Kamis, 4/6). Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Syarif mengungkapkan Gubernur Anies Baswedan masih akan menerapkan pembatasan dengan pelonggaran bertahap.

"Saya suda diberi masukan, skemanya PSBB dibuat satu bulan. Skemanya itu transisi PSBB. Pak Gubernur sedang merumuskan itu secara matang," kata Syarif saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (3/6).

Skema PSBB transisi selama satu bulan dirancang dengan monitoring dan evaluasi yang ketat dihampir tiap aktivitas warga Jakarta. Menurutnya, rencana penerapan pembatasan transisi itu sudah dibahas dengan banyak pihak.

Baca juga : Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 Terbanyak dari DKI

"Pak Gub mendengar dan memperhatikan pendapat dan aspirasi banyak pihak, terutama para ahli epidemologi, dan berkoodinasi dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pusat," jelas Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

Salah satu dari isi PSBB transisi itu ialah adanya pembatasan ketat di lingkungan 62 RW yang menjadi zona merah penularan Covid-19. Syarif menyebut, untuk kepastian kebijakan seperti apa yang akan diambil DKI, ia meminta warga menunggu pernyataan resmi dari Anies Baswedan.

"Banyak skema yang dikaji dan masukan dari banyak pihak. Tapi keputusan tetap ada di Gubernur," pungkas Syarif.

Gubernur Anies sendiri direncanakan akan mengumumkan status DKI Jakarta sore tadi, namun diurungkan menjadi besok (4/6) saat masa PSBB tahap ketiga berakhir. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT