03 June 2020, 14:55 WIB

Cegah Abrasi Pesisir Selatan Bangun Pemecah Ombak


Yose Hendra | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus berupaya mencegah pengikisan pantai oleh air laut dengan membangun pemecah ombak. Hal itu untuk mencegah abrasi semakin parah.

"Abrasi tidak dapat terhindarkan, bahkan setiap tahunnya bibir pantai terus mendekati permukiman warga akibat mengalami pengikisan," kata Sekretaris Dinas PSDA Kabupaten Pesisir Selatan, Sukma Roni, Rabu (3/6).

Menurut dia, masalah abrasi di Pesisir Selatan memang menjadi momok yang serius dan harus segera diatasi, agar nantinya warga pesisir tidak merasa was-was.

"Memang sudah ada beberapa yang telah terbangun pemecah ombak, tetapi masih belum menyeluruh," katanya.

Ada beberapa titik abrasi yang memang belum tertangani, dalam hal ini pihaknya akan terus berupaya dan berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu, Balai Wilayah Sumatera (BWS) V guna membantu pencegahan abrasi yang meluas setiap tahunnya.

"Kami telah mengajukan proposal kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) V, untuk membantu pembuatan pemecah ombak pada beberapa titik di wilayah Pesisir Selatan. Kami harapkan, hal tersebut nantinya dapat disetujui," ungkapnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT