03 June 2020, 14:07 WIB

Sediakan Face Shield, KAI: Penumpang Pakai Sampai Stasiun Tujuan


Hilda Julaika | Ekonomi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menyiapkan pedoman jika new normal (kenormalan baru) diterapkan. Salah satunya, mewajibkan penumpang kereta menggunakan face shield selama di perjalanan dengan layanan kereta ini.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan selama perjalanan, penumpang tidak hanya diwajibkan menggunakan masker. Namun juga menggunakan face shield yang akan disediakan oleh KAI hingga penumpang keluar dari area stasiun tempat berakhirnya perjalanan.

“Selama perjalanan, selain menggunakan masker, penumpang juga diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI. Face Shield tersebut wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan,” ujarnya melalui keterangan resminya, Rabu (3/6).

Rincian proses saat menggunakan layanan kereta ini dimulai saat memasuki area stasiun. Penumpang diwajibkan untuk memakai masker dan bersuhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius.

Baca juga: KAI Perpanjang Operasional Kereta Luar Biasa

Lalu, penumpang harus menunjukkan tiket dan identitas kepada petugas boarding. Jika sudah diperiksa, penumpang melakukan scan tiket secara mandiri. Barulah selama perjalanan penggunaan masker dan face shield dengan penerapan physical distancing.

Selain itu, guna memastikan kesehatan, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali. Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala covid-19, maka akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta.

“Bila kondisi penumpang perlu penanganan segera, kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan,” ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT