03 June 2020, 12:16 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Bertambah Satu Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

JURU Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo mengumumkan pasien terkonfirmasi positif virus korona bertambah lagi satu orang. Sehingga pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit berjumlah 8 orang.

"Dengan tambahan satu pasien positif Covid-19, Selasa (2/6), maka jumlah pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit ada 8 orang. Pasien positif baru seorang perempuan, IN, 57, warga Kecamatan Karanganom," kata Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

Pasien baru positif virus korona tersebut, dimungkinkan terpapar saat bekerja sebagai wiraswasta. Sebelumnya, IN pada 22 Mei lalu telah mengikuti rapid test dengan hasil reaktif, dan dilanjutkan dengan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

"Kemudian, pada 29-30 Mei dilakukan test swab dan hasilnya positif. Saat ini, IN menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten, dengan kondisi baik dan stabil," papar Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten.

Menurut Cahyono, setelah IN dinyatakan positif, tim Satgas Covid-19 melakukan tracing (pelacakan) orang-orang  yang pernah kontak dengan pasiennya, serta segera akan melaksanakan rapid test. Ini sebagai upaya pencegahan persebaran virus tersebut.

baca juga: Kota Semarang Tambah Klaster Baru Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 mengimbau Gugus Tugas RT/RW untuk memantau secara ketat warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Mereka diminta untuk melakukan isolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari.

"Untuk antisipasi dan pencegahan Covid-19, kami juga mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, berjemur selama 10-15 menit pada pukul 09.00-10.00 WIB, dan menaati protokol kesehatan," pungkasnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT