03 June 2020, 11:44 WIB

Dua Perangkat Desa Potong Dana Bantuan Covid-19


Dwi Apriani | Nusantara

AHMAD Mudori (33 tahun) dan Efendi (40 tahun), dua perangkat Desa Banpres, Kecamatan Tuan Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan diamankan polisi karena memotong bantuan untuk masyarakat yang berasal dari dana desa. Kepala Kepolisian Resor Musi Rawas, AKBP Efrannedy, mengatakan kedua pelaku adalah  Kepala Dusun I dan anggota BPD.  Saat itu mereka bertugas menyalurkan uang bantuan langsung tunai kepada warga di Dusun I. masing-masing kepala keluarga harusnya menerima Rp600 ribu, pada 21 Mei 2020.

"Tapi setelah pembagian itu, keduanya kembali menemui warga dan meminta uang Rp200 ribu dengan alasan biaya administrasi," jelasnya, Rabu (3/6)

Berdasarkan laporan yang diterima, keduanya sudah mengumpulkan potongan dari 18 kepala keluarga (KK) sebesar Rp3,6 juta dari w23 KK arga Dusun I yang menerima bantuan  Warga tidak terima adanya pemotongan dana tersebut. Masalah ini kemudian dilaporkan ke polisi. Polisi langsung berkoordinasi dengan inspektorat setempat untuk menangkap kedua pelaku.

baca juga: Banjarmasin Luncurkan Aplikasi Pemantau Covid

"Sebanyak 18 korban sudah dimintai keterangannya. Dua pelaku dan barang bukti uang Rp3,6 juta diamnkan petugas. Menurut pengakuan mereka hal itu dilakukannya atas inisiatif sendiri.

Sementara itu, Irbansus Inspektorat Kabupaten Musi Rawas, Tulhanan menyatakan kasus tersebut sepenuhnya ditangani kepokisian. Namun pihaknya akan memproses  administrasi yang diperlukan terkait adanya tindakan yang dilakukan oleh kedua pelaku tersebut.

"Kita menunggu hasil keputusan pengadilan, baru dikeluarkan sanksinya," tandasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT