03 June 2020, 10:35 WIB

Warga Temanggung Harus Efektifkan Lahan Pekarangan Untuk Pangan


Tosiani | Nusantara

BUPATI Temanggung, Jawa Tengah M Al Khadziq meminta warganya mengefektifkan lahan pekarangan dan lahan pertanian dengan tanaman pangan dan ternak ikan atau unggas. Upaya ini untuk memperkuat ketahanan pangan daerah yang masih di masa krisis lantaran terdampak pandemik korona.

"Mengingan krisis Covid-19 ini akan berbuntut panjang, saya minta efektifkan setiap lahan di pekarangan sekitar rumah dan lahan pertanian untuk tanaman pangan,"cetus Khadziq, Rabu (3/6)

Bahkan menurutnya, lahan pertanian tembakau yang saat ini sudah mulai ditanami pun ia minta untuk lebih diefektifkan. Jika perlu menanam tanaman pangan seperti singkong, jagubg, ubi, dan kentang di sela-sela ladang tembakau.

Di samping itu, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Khadziq juga meminta warga memperbanyak ternak rumah tangga seperti unggas dan ikan. Untuk membantu upaya tersebut, menurutnya, Pemerintah Daerah Temanggung juga akan memberi insentif tertentu pada masyarakat untuk bisa memperbanyak ternak rumah tangga ini.

"Kita juga meminta masyarakat untuk memperbanyak ternak rumah tangga seperti unggas dan ikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi," katanya.

baca juga: Polres Cianjur Amankan 6 Travel Gelap Angkut Pemudik Arus Balik

Lumbung pangan, imbuhnya, juga sudah mulai dibuat di desa-desa berdasarkan mekanisme masing-masing desa yang berbeda-beda. Sejauh ini, ia memastikan ketahanan pangan di Temanggung masih aman dan cukup untuk masyarakat. Ketersediaan pangan seperti padi, jagung, kedelai, dan sayuran dipastikan cukup. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT