03 June 2020, 09:30 WIB

Kematian Akibat Covid-19 di Brasil Capai 30.000


Nur Aivanni | Internasional

Jumlah kematian akibat covid-19 di Brasil, pada Selasa (2/6), melampaui 30.000. Angka yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan menunjukkan rekor baru, yaitu 1.262 kematian dalam 24 jam sebelumnya. Selain itu, ada 28.936 infeksi baru.

Angka itu muncul ketika beberapa negara bagian Brasil mulai melonggarkan tindakan karantina yang berlangsung berminggu-minggu meski ada peringatan dari World Health Organization (WHO) dan ahli epidemiologi.

Jumlah keseluruhan kasus yang dikonfirmasi di Brasil sebanyak 555.383. Itu menjadikan Brasil sebagai negara yang paling terdampak covid-19 kedua setelah Amerika Serikat (AS).

Jumlah korban meninggal di negara tersebut sebanyak 31.199. Jumlah tersebut adalah yang tertinggi keempat di dunia, setelah AS, Inggris, dan Italia.

Baca juga: Aksi Protes Antirasisme Juga Terjadi di Prancis

Para ahli memperkirakan jumlah infeksi sebenarnya bisa sampai 15 kali lebih tinggi dari angka resmi. Hal itu mengingat pengujian untuk covid-19 yang relatif sedikit di negara tersebut.

Negara bagian Sao Paulo pada Selasa mencatat angka harian tertinggi baik untuk kematian maupun infeksi ketika kota-kota di seluruh negara bagian itu mulai membuka kembali pusat perbelanjaan dan kantor. Sao Paulo sekarang memiliki total hampir 120.000 kasus dengan hampir 8.000 kematian.

Negara bagian yang terkena dampak terburuk lainnya, Rio de Janeiro, juga mulai melonggarkan tindakan karantina pada Selasa dengan membuka kembali pantai dan bisnis.

Kantor Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan Brasil agar tidak terlalu cepat membuka kembali pembatasan yang telah dilakukan karena ada risiko kebangkitan dari covid-19. (France24/OL-14)

BERITA TERKAIT