03 June 2020, 06:25 WIB

Trump Undang India Untuk Hadiri KTT G7


Nur Aivanni | Internasional

PERDANA Menteri India Narendra Modi mendapat undangan dari Presiden AS Donald Trump untuk menghadiri penyelenggaraan KTT G7. Demikian disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri India pada Selasa (2/6). Melalui panggilan telepon, kata kementerian dalam sebuah pernyataan, Modi mengatakan kepada Trump bahwa New Delhi akan dengan senang hati bekerja dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain untuk memastikan keberhasilan KTT G7.

Akhir pekan lalu, Trump mengatakan bahwa ia menunda penyelenggaraan KTT G7 hingga September yang awalnya dijadwalkan pada akhir Juni. Dan ia ingin mengundang Australia, Rusia, Korea Selatan, dan India dalam pertemuan tersebut. Trump menyampaikan keinginannya untuk memperluas partisipasi di luar anggota kelompok ekonomi paling maju di dunia.

baca juga: Kanada Tolak Undang Rusia dalam KTT G7

"Dalam konteks ini, ia menyampaikan undangan kepada Perdana Menteri Modi untuk menghadiri KTT G7 berikutnya yang akan diadakan di AS," kata kementerian, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (3/6).

Selain itu, sambung kementerian, kedua pemimpin tersebut juga bertukar pandangan tentang situasi covid-19 di kedua negara, perselisihan di perbatasan India-Tiongkok dan perlunya reformasi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (CNA/OL-3)
 

BERITA TERKAIT