02 June 2020, 23:58 WIB

Lautan Layar Hitam dan Kontroversi Tagar


Irana Shalindra | Weekend

Anda mungkin telah melihat tagar di atas tren media sosial - #BlackoutTuesday - hari ini. Anda mungkin juga melihat beberapa orang mengkritik gerakan ini, dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. 

Apa itu Blackout Tuesday? 

Ketika protes dan keresahan atas kematian George Floyd berlanjut di sekitar Amerika Serikat, sebuah gerakan dimulai oleh eksekutif musik Jamila Thomas dan Brianna Agyemang, yang menulis di sebuah situs bahwa Selasa, 2 Juni akan menjadi hari untuk menangguhkan semua bisnis dan mengambil menentang "rasisme dan ketidaksetaraan yang ada dari ruang dewan ke boulevard." 

Gerakan ini akan mendorong orang-orang untuk mengunggah gambar hitam ke Instagram dan platform media sosial lainnya.

Siapa yang berpartisipasi? Artis dari Quincy Jones, Foo Fighters, hingga Mick Jagger, dengan perusahaan musik dan studio, semuanya mengumumkan bahwa mereka akan berpartisipasi. Demikian pula platform-platform terkait seperti Spotify. 

Spotify menangguhkan operasinya selama 8 menit 46 detik. Durasi itu serupa dengan durasi saat leher laki-laki kulit hitam, George Floyd, yang tak bersenjata, diimpit oleh polisi Minneapolis, Derek Chauvin, dengan lututnya. Floyd kemudian tewas dan kematiannya memantik gelombang protes yang amat intens di AS, serta simpati dunia. 

Adapun bagian dari kontroversi gerakan BlackoutTuesday ini bermula dengan penggunaan tagar #BlackLivesMatter. Banyak orang yang berpartisipasi dalam gerakan menggunakan tagar bersama dengan posting mereka. Tetapi tagar #blacklivesmatter biasanya digunakan sebagai alat bagi pemrotes untuk mengkomunikasikan informasi melalui media sosial.

Aksi Blackout Tuesday pun ini dianggap tidak berguna sebagai tagar. Sekarang, ketika orang mengklik tagar #blacklivesmatter , mereka dihadapkan dengan lautan kotak hitam dan tidak dengan apa pun tentang apa yang terjadi dengan protes di seluruh negeri.

Untuk itu, orang-orang yang ingin menunjukkan simpati mereka dengan unggahan layar hitam di akun Instagram diminta untuk menghapus tagar #blacklivesmatter, dan memasang tagar #BlackoutTuesday atau #TheShowMustBePaused. USAToday/M-2) 

BERITA TERKAIT