02 June 2020, 19:31 WIB

Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dalam Tiga Hari Mendatang


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat, disertai angin kencang dan kilat dalam tiga hari ke depan, yakni 2-4 Juni.

Hal ini disebabkan intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU), yang melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara Papua. Sehingga, daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab.

“Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat pada hari ini (2/6), yaitu Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua,” jelas Bagian Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi BMKG melalui keterangan resmi, Selasa (6/2).

Baca juga: Anies Jamin Pengendalian Banjir Tetap Jalan Selama Wabah Covid-19

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua pada Rabu (3/6) besok.

Sedangkan pada Kamis (4/6) mendatang, wilayah Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua masih berpotensi dilanda hujan lebat.

“Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini (2/6) di wilayah Aceh, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara,” lanjut keterangan tersebut.

Baca juga: BMKG Prediksi Pola Hujan 2020 Normal

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah hingga Rabu (3/6) besok. Untuk wilayah Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Maluku diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Kamis (4/6) mendatang.

“BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili di beberapa wilayah dengan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, untuk selalu berhati-hati. Serta, persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan,” tutup BMKG.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT