02 June 2020, 17:20 WIB

Desa Harus Siap Hadapi New Normal


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DESA di setiap daerah harus siap menghadapi adaptasi kenormalan baru atau new normal dengan harapan sesuai budaya disetiap daerah dan menerapkan protokol kesehatan dari kementerian.

"Protokol yang dimaksud sesuai dengan (K/L) yang mengeluarkan. Misal, protokol kesehatan maka desa mengacu pada Kementerian Kesehatan sementara protokol pemerintahan mengacu pada Kementrian Dalam Negeri," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar saat telekonferensi, Selasa (2/6).

Untuk mencapai lapisan masyarakat setiap desa diminta untuk menyatukan protokol dari K/L dengan budaya daerah masing-masing. Sehingga kenormalan baru pada pertahanan diri dan lingkungan desa berjalan dengan baik.

Baca juga :Pascalebaran, Lebih 600 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Sumatra

"Intinya, sebagaimana kita maklumi desa harus lebih siap lagi menghadapi situasi new normal pada konteks diri dan lingkungannya agar tak terdampak covid-19," ujat Abdul Halim.

Politisi PKB tersebut menyebutkan saat ini penanganan ODP yang sudah dilakukan oleh relawan covid di setiap desa sudah cukup efektif. Sehingga saat ini untuk melanjutkan penanganan pencegahan desa tanggap covid-19.

"Nanti dalam waktu dekat Kemendes PDTT akan merumuskan new normal desa ini secara komperhensif dan detil," tutupnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT