02 June 2020, 17:08 WIB

Proses Pilkada Ditengah Pandemi, Bawaslu Soroti Jaringan internet


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

ANGGOTA Badan Pengawas Pemillu (Bawaslu) RI M Afifuddin mengatakan, banyak tantangan yang akan dihadapi dalam proses pelaksanaan Pilkada serentak Desember mendatang. Mulai dari aturan hingga teknis pelaksanaan di tengah pandemi covid-19.

Salah satu yang menjadi sorotan ialah kesiapan infrastruktur. Di tengah pandemi, jaringan internet diprediksi akan jadi andalan pelaksanaan Pilkada. Mulai dari tahapan kampanye hingga penghitungan suara. Sementara itu, hingga saat ini ketersediaan jaringan internet di berbagai daerah masih belum memadai.

"Pemenuhan jaringan internet ini sangat penting tapi masih jadi tantangan dalam pemenuhannya," ujar Afif, dalam diskusi daring berjudul Pilkada Serentak Beresiko Rendah, Selasa, (2/6).

Afif menjelaskan, berdasarkan data Bawaslu ada sebanyak 3.670 kecamatan di Indonesia yang akan ikut melaksanakan Pilkada serentak 2020. Setidaknya sebanyak 1.338 di antaranya masih mengalami kendala jaringan internet.

"Di tengah pandemi ini mobilitas kemungkinan tidak maksimal. Kalau jaringan internetnya terkendala dikhawatirkan akan banyak informasi yang tidak tersampaikan dengan baik," ujar Afif.

Baca jugaPartisipasi Pilkada Desember Diprediksi akan Anjlok

Selain masalah itu, Bawaslu juga menyoroti mengenai kesiapan aturan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi. Mulai dari aturan untuk tahapan pelaksanaan, hingga pemberian sanksi.

"Aturan menenai sanksi di tengah sutuasi pandemmi juga harus dipertimbangkan. Bagaimana nanti kalau diduga ada pelanggaran lalu dipanggil menolak hadir karena pandemi, itu juga harus dipikirkan bagaiamana," ujar Afif.

Sementara itu, Komisioner KPU, Viryan Aziz, mengatakan bahwa KPU tengah fokus menyiapkan berbagai hal untuk pelaksaan Pilkada serentak 2020. Mulai dari aturan tahapan dan pelaksanaan hingga ke manajemen resiko pelaksanaan Pilkada.

"Kami berterima kasih atas atensi masyarakat pada Pilkada 2020 ini. Kami tengah mempersiapkan semuanya, termasuk aturan pelaksanaan Pilkada di tengah situasi saat ini," ujar Viryan. (OL-7)

BERITA TERKAIT