02 June 2020, 16:11 WIB

Polri Tangkap Anggota KKB Penembak Warga Sipil di Papua


Yakub Prtyatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

POLRI melalui Tim dari Polda Papua berhasil membekuk seorang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Oniara Wonda di Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu (31/5).

Kadiv Humas Mabes Polri Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, pelaku berinisial OW itu ditangkap karena melakukan penembakan kepada warga sipil di Papua. Anggota KKB itu menembak satu warga sipil di Jalan Trans Papua Magataga, perbatasan Kabupaten Intan Jaya dan Paniai.

“Yang bersangkutan ditangkap di daerah Kota Mulia Kampung Igimbut Kabupaten Puncak Jaya,” tutur Argo, Selasa (2/6).

Saat dilakukan penangkapan oleh Tim Polda Papua, Argo menuturkan, OW sempat melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. “Satgas pun melakukan tindakan tegas dan tersangka dibawa ke RS Bhayangkara Jayapura untuk melakukan perawatan,” ungkap Argo.

Baca juga : Oknum Anggota DPRD Seruyan Tersangka Narkoba

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, berupa satu buah tas, satu kemeja, dan satu telepon seuler. Atas perbuatannya, OW akan dijerat dengan pasal 340 KUHP, 338 KUHP, 365 KUHP, dan 351 Ayat (1) dan ayat (2) jo Pasal 55 KUHP.

Adapun OW yang merupakan DPO dan anggota KKB tersebut memiliki rekam jejak kejahatan sebelum melakukan penembakan pada warga sipil.

OW melakukan aksi penembakan terhadap anggota TNI 756 di lapangan Terbang di Distrik Pirime Kab. Lannyjaya mengakibatkan 1 Personil TNI luka tembak pada tahun 2015. Lalu, OW terlibat dalam penembakan terhadap personel satgassus Papua pada bulan Desember tahun 2017 di Puncak Popome saat melaksanakan giat pemetaan. (OL-7)

BERITA TERKAIT