02 June 2020, 12:30 WIB

Seluruh Masjid Bakal Buka Kembali, DMI Jakarta: Ada Protapnya


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta menyatakan masjid-masjid di Ibu Kota siap buka kembali usai masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selesai diberlakukan pada Kamis 4 Juni.

Hal ini seiring adanya surat edaran dari Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) soal pedoman untuk pelaksanaan ibadah di masjid pada masa kenormalan baru atau new normal.

"Pak Gubernur (Anies Baswedan) akan membahas ini biar sinkron nanti teknisnya seperti apa. Ada protapnya. Kami ingin menerapkan protokol kesehatan yang tidak memberatkan ke warga, juga buat buat DMI," ungkap Ketua DMI DKI Jakarta, KH Ma’mun Al-Ayyubi, Jakarta, Selasa (2/6).

Baca juga: Ketimbang PSBL, DPRD Minta Anies Batasi Transportasi

Pedoman yang sudah dituangkan oleh DMI Pusat, kata Ma'mun, merupakan acuan dasar. Tiap daerah bakal memberlakukan pedoman tersebut sesuai arahan gubernur masing-masing.

Saat ini, Anies Baswedan bersama jajaran tengah menggodok kebijakan pelaksanaan ibadah tersebut. Selama PSBB, rumah ibadah di Jakarta ditutup sementara untuk menghindari penularan covid-19.

"Surat edaran (DMI Pusat) itu kan secara nasional. Tentu ada kebijakan wilayah masing-masing. Gubernur katanya hari ini ada rapat. Kita masih menunggu keputusan seperti apa protapnya. Apa yang pasti DKI berlakukan, ketika membuka masjid agar bisa diterapkan" jelas Ma'mun.

Diketahui, SE PP DMI yang ditandangani langsung oleh Ketua Umum Jusuf Kalla ini memuat beberapa poin. Salah satunya, DMI menyerukan agar masjid kembali dibuka untuk jemaah, baik salat wajib lima waktu maupun salat jumat. Saat kenormalan baru, masjid harus memberlakukan protokol cegah tangkal covid-19 untuk menjaga keselamatan jemaah. (OL-14)

BERITA TERKAIT