02 June 2020, 11:50 WIB

Desa Wonocolo Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19


Heri Susetyo | Nusantara

DESA Wonocolo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo menjadi klaster baru penyebaran covid-19 karena di wilayah ini tercatat ada 25 orang terkonfirm positif dan ada lima warganya meninggal dunia.

Banyaknya warga yang terpapar covid-19 di desa ini hanya terjadi dalam sepekan terakhir. Desa Wonocolo lokasinya berdekatan dengan perbatasan Kota Surabaya, dan banyak warga desa ini bekerja di Kota Pahlawan tersebut. Diduga karena banyak warga yang bekerja di Kota Surabaya, menjadi penyebab penularan covid-19 di Desa Wonocolo.

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Kombes Sumardji mengatakan seluruh warga yang positif dan berstatus pasiendalam pengawasan (PDP) saat ini menjalani perawatan medis di rumah sakit rujukan di Sidoarjo. Selain itu ada empat orang dalam pemantauan (ODP) yang saat ini juga menjalani isolasi mandiri.Sayangnya belum semua warga di wilayah ini menyadari akanbahaya covid-19. Terbukti masih banyak warga tak mengenakan masker pada saatkeluar rumah.

"Kami akan menerapkan Kampung Tangguh di Desa Wonocolo,sebagai upaya untuk mengajak warga bersama-sama menangani penyebaran covid-19," kata Sumardji, Selasa (2/6).

baca juga: Tingkat Kesembuhan Pasien Korona di NTT 14%

Pihaknya akan mengawasi warga yang saat ini menjalani isolasi mandiri. Selama isolasi mandiri, kebutuhan keluarga warga akan dipenuhi. Sehingga warga yang melakukan isolasi, ataupun perawatan di rumah sakit tidak perlu memikirkan kebutuhan sehari-hari keluarga mereka. Terkait penemuan klaster baru penyebaran covid-19 di DesaWonocolo ini, tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo akan melakukan pendataan serta kegiatan rapid test massal. (OL-3)

BERITA TERKAIT