02 June 2020, 11:18 WIB

DFB Investigasi Selebrasi Sancho Terkait Protes Kematian Floyd


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Federasi sepak bola Jerman atau DFP mengaku harus menginvestigasi aksi tiga pemain Bundesliga yang berisi protes atas kematian warga Amerika Serikat (AS), George Floyd di tangan Kepolisian Minneapolis.

Pada laga akhir pekan lalu, dua pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho dan Achraf Hakimi menunjukkan kaos bertuliskan "Justice for George Floyd" sebagai selebrasi seusai mencetak gol. Lalu, pemain Schalke asal AS Weston McKennie juga menyerukan keadilan bagi FLoyd dengan menuliskannya di armband yang dipasang di lengan kirinya.

Aksi mereka merupakan pernyataan sikap dalam menentang aksi brutal dan kekerasan rasial yang berujung pada tewasnya Floyd.

Baca juga: Werner Jaga Asa Leipzig Lolos ke Liga Champions Musim Depan

Sikap ketiga pemain itu akan ditinjau oleh Badan Pengawas DFB dengan mengikuti pedoman dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional.

Terlepas dari tugas DFB untuk menyelidiki sikap tiga pemain itu, Presiden DFB Fritz Keller secara terang-terangan memuji yang dilakukan ketiga itu dalam menentang adanya kekerasan rasial.

"Saya sangat menghormati sikap pemain dan solidaritas yang mereka tunjukkan. Kita butuh pemain yang ikut ambil bagian dan saya bangga dengan mereka," ungkap Keller, dilansir dari AFP.

"Dari sudut pandang moral, saya sangat mengerti. Tidak ada orang yang tidak tergerak setelah melihat apa yang terjadi di Amerika Serikat," tambah Keller. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT