02 June 2020, 08:43 WIB

Italia Laporkan 60 Kematian, Bersiap Buka Perbatasan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ITALIA melaporkan sebanyak 60 kematian akibat virus korona baru (covid-19), Senin (1/6). Sehingga angka kematian nasional menjadi 33.475. Sementara perdebatan tentang risiko membuka kembali perbatasan internal dan eksternal negara itu pada pekan depan, memanas.

Tren melambatnya jumlah kematian yang terdaftar dalam sepekan terakhir menegaskan puncak krisis telah dilewati. Penghitungan infeksi aktif terus turun pada Senin (1/6) di angka 708, menempatkan total sebanyak 41.367.

Sementara itu, tingkat kesembuhan terus meningkat, naik ke 158.355, karena lebih banyak pasien meninggalkan perawatan intensif, mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan.

Wilayah Lombardy utara tetap menjadi pusat pandemi, dengan korban meningkat menjadi 16.131, hampir setengah dari total di negara itu.

Baca juga: Covid-19: Italia Laporkan 75 Kematian, Tren Terus Turun

Pemerintah telah mengonfirmasi pembatasan terakhir pada mobilitas warga antarwilayah akan dicabut pada 3 Juni, karena tingkat penularan di semua wilayah menurun.

Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mengakui keputusan pemerintah untuk mengizinkan perjalanan antarwilayah Italia mulai pada Rabu bukan ‘tanpa risiko’, karena pandemi covid-19 masih menjadi kenyataan.

"Supaya tidak memiliki risiko sama sekali, kita harus mempertahankan lockdown total selama berbulan-bulan, tetapi negara tidak akan mampu menahannya," kata Speranza. (AA/OL-5)

BERITA TERKAIT