01 June 2020, 11:54 WIB

New Normal Dorong Kreativitas Pembinaan Atlet


Akmal Fauzi | Olahraga

KETUA Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, mendorong pengurus induk-induk organisasi olahraga harus lebih terpacu mempersiapkan atletnya mengadapai kejuaraan meski pandemi covid-19 belum mereda.

Pemberlakuan tatanan normal baru (New Normal), kata Oktohari, bisa mendorong induk cabang olahraga mengembangkan kreativitas pembinaan atlet.

“Di sini lah dituntut kreativitas dalam menjalankan program pembinaan atlet, dengan mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Yang pasti, program latihan dijalankan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan atlet," kata Oktohari dalam keterangannya, Senin (1/6).

Baca juga: Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

Pandemi covid-19 di Indonesia membuat persiapan atlet dalam menghadapi multikejuaraan internasional seperti Sea Games dan Olimpiade terganggu. Namun, Oktohari mendorong agar para atlet tidak boleh pasrah dan harus memanfaatkan kesempatan agar bisa meningkatkan prestasinya.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menyusun draft protokol untuk menggelar kegiatan latihan dan kompetisi atau pertandingan olahraga ditengah New Normal pandemi covid-19.

Menpora Zainuddin Amali mengatakan draft tersebut merupakan masukan dari cabang-cabang olaharaga, atlet, pelatih dan organisasi induk, yang akan menyeseuaikan dengan tahapan pemerintah dalam menangani pandemi covid-19. (A-2)

BERITA TERKAIT