31 May 2020, 04:50 WIB

Baim Wong Bagi-Bagi Masker


(Bus/M-4) | Weekend

BELAKANGAN ini, konten-konten kreatif yang disajikan oleh aktor Baim Wong di akun Youtube-nya sering mencuri perhatian warganet. Beberapa kali dia menyamar untuk membantu masyarakat kecil.

Aksi itu kemudian ia unggah dalam kannal Youtube miliknya. Semua video penyamaran Baim Wong sangat menghibur hingga sering kali mendapat respons positif dari 13 juta warganet yang menjadi subscriber Youtube-nya.

Selain dikenal sebagai Youtuber, Baim juga dikenal sebagai salah satu figur publik yang kerap melakukan berbagai kegiatan sosial. Selama masa tanggap darurat covid-19, pemilik nama asli Muhammad Ibrahim ini juga rajin mengunggah konten-konten Youtube yang berisikan aksi-aksi sosial yang ia inisiasi, dari pembagian sembako, makanan, hingga uang tunai kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Suami Paula Verhoeven itu juga aktif mengimbau masyarakat untuk selalu mengenakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Ia bahkan menggagas gerakan penggalangan dana yang ia beri nama gerakan memakai masker (gemas) untuk membagikan 30 juta masker gratis ke seluruh wilayah di Indonesia pada April lalu saat terjadi krisis masker di beberapa daerah.

"Saya pribadi bersama gemas mengajak rekan-rekan berdonasi dalam agenda pembagian masker gratis ke seluruh wilayah Indonesia karena saat ini Indonesia kekurangan masker," ungkap Baim dalam salah satu unggahan videonya ketika mengampanyekan gerakan tersebut. Baim pun tak ragu turun tangan melihat proses produksi masker gratis yang ia pesan di beberapa konfeksi kecil di Jakarta, yang juga terdampak akibat pandemi ini.

Selain menjadi inisiator gerakan memakai masker, Baim juga turut aktif menggalang dana melalui platform kitabisa.com untuk membantu para tenaga medis dan masyarakat terdampak covid lainnya. Hingga saat ini aksi penggalangan dana tersebut berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp217.380.000.

Rencananya dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk APD, hand sanitizer, alat disinfektan, sabun cuci tangan, dan lainnya. Aksi-aksi sosial yang diunggah Baim dalam kanal Youtube-nya mendapat pujian langsung dari CEO aplikasi tersebut, Susan Wojcicki, lantaran sangat menginspirasi. Dalam acara Kick Andy, Minggu (30/5), Baim mengajak para penggemarnya agar selalu berbagi di setiap kesempatan, terkhusus di masa krisis seperti saat ini. "Masyaallah tabarakallah. Uang itu jangan dikumpulin. Lebih baik diputar lagi ke jalan ibadah, nabung untuk akhirat, mumpung masih ada waktu," pungkas Baim. (Bus/M-4)

BERITA TERKAIT