31 May 2020, 03:50 WIB

Solidaritas Mbappe dan McKennie untuk George Floyd


Widhroso | Sepak Bola

KYLIAN Mbappe dan Weston McKennie mengekspresikan rasa solidaritas mereka terkait gelombang unjuk rasa di Amerika Serikat yang menuntut keadilan untuk kematian George Floyd.

Floyd yang berkulit hitam tewas Senin (25/5) lalu di Minneapolis, Minnesota, setelah seorang polisi menindih lehernya dengan lutut selama lebih dari delapan menit. Tindakan sewenang-wenang aparat memantik aksi demonstrasi besar-besaran di Negeri Paman Sam sepanjang pekan ini.

Meski polisi bernama Derek Chauvin itu telah ditahan dan dikenakan dakwaan pembunuhan, gelombang protes kian meluas. Terjadi unjuk rasa paling tidak di 30 kota di AS. Banyak di antara demo tersebut yang akhirnya ricuh dan diwarnai benturan antara pihak kepolisian dan para pengunjuk rasa.

Pada laga Bundesliga menghadapi Werder Bremen, Sabtu (30/5), McKennie yang merupakan gelandang Schalke menunjukkan dukungannya untuk gerakan demonstrasi dengan mengenakan ban lengan bertuliskan "Justice for George" (Keadilan untuk George).

McKennie sendiri berasal dari AS, tepatnya Dallas, Texas. Di sana, huru-hara meletup pada Jumat (29/5) malam, dengan para perusuh memecahkan kaca jendela dan menjarah sejumlah pertokoan.

Solidarita untuk Flyod juga diungkapkan Mbappe. Striker Paris Saint-Germain tersebut mendukung gerakan untuk mencari keadilan gagi Floyd. Lewat akun Twitter-nya pemain 21 tahun itu mencuit "#JusticeForGeorge". (Goal/R-1)

 

BERITA TERKAIT