30 May 2020, 20:47 WIB

Pemkab Terapkan New Normal, Uskup Tetap Kebaktian Live Streaming


Gabriel Langga | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, telah menetapkan new normal di daerah itu. Akan tetapi, Keuskupan Maumere tetap meniadakan kegiatan ibadah di gereja yang melibatkan banyak umat selama ada pemberitahuan.

Uskup Maumere Edwaldus Martinus Sedu kepada Media Indonesia, Sabtu (30/5) di Sikka, NTT, menegaskan misa perayaan Ekaristi hari Minggu tetap dirayakan di rumah masing-masing melalui live streaming atau siaran radio.

Baca juga: PSBB Malang Raya Berakhir Hari ini

Selanjutnya, kata Uskup Maumere, bagi umat yang tidak berkesempatan mengikuti ekaristi secara live streaming dan siara langsung radio, wajib beribadah di rumah masing-masing.

"Semua kegiatan gerejani yang melibatkan orang tetap ditiadakan. Mengingat, jumlah kasus covid-19 di Sikka tertinggi di NTT dengan 27 pasien positif covid-19," ungkap Uskup Maumere.

Khusus kematian, terang dia, kebaktian hanya untuk pemberkatan dan pemakaman jenazah demi menghindari waktu berkumpul yang lama.

Baca juga: Sikka Bangun 14 Ruang Isolasi Termasuk untuk Bayi Positif Korona

Uskup Maumere juga meminta seluruh para imam dan biarawati untuk membiasakan diri memasuki masa kenormalan yang baru (new normal) dengan menjalankan protokol kesehatan seperti menghindari  kerumunan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir.

"Saya mengajak seluruh umat di Keuskupan Maumere dan para imam dan biarawati untuk senantiasa menjaga titik fokus perjuangan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 sebagai bentuk  tanggung jawab atas kehidupan dan penghargaan terhadap nilai kemanusiaan," minta Uskup Maumere. (X-15)

BERITA TERKAIT