28 May 2020, 17:23 WIB

Tiongkok: Upaya Penanggulangan Covid-19 di Indonesia Cukup Kuat


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PERWAKILAN Partai Komunis Tiongkok menilai upaya penanggulangan covid-19 Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sudah dilakukan dengan kuat.

"Meski sekarang di Indonesia wabah covid-19 belum teratasi, tapi penanggulangan sudah dilakukan secara masif dan sesuai dengan karakteristik Indonesia. Kami melihat hasil positif dari penanggulangannya," ujar Divisi Asia Tenggara Biro Asia Departemen Internasional Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, Xu Min, dalam diskusi virtual antara Indonesia dan Tiongkok yang diselenggarakan Partai NasDem, Kamis (28/5).

Baca juga: Tiongkok Kirim Bantuan Medis Penanganan Covid-19 untuk Indonesia

Pada 2020, Xu Min menyebut Indonesia dan Tiongkok tidak hanya bekerja sama di bidang penanggulangan wabah, namun juga menyasar sektor ekonomi dan perdagangan. Berdasarkan statistik Tiongkok, kinerja perdangangan kedua negara pada triwulan I 2020 turun sedikit, yakni 1,9%.

Lebih lanjut, dia mengatakan nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok pada kuartal I 2020 meningkat 9,7% dibandingankan periode sama tahun lalu. Investasi dari Negeri Tirai Bambu di Indonesia juga meningkat 12% dengan nilai US$ 1,3 miliar.

"Di masa depan, Tiongkok akan mengembangkan hubungan persahabatan. Terutama kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan Indonesia, untuk mencari lebih banyak pertumbuhan baru," tutur Xu Min.

Baca juga: Lawan Covid-19, Partai Politik Indonesia-Tiongkok Kuatkan Dialog

Untuk mencapai tujuan itu, pihaknya akan mendorong lebih banyak perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia. Berikut, terus mengupayakan lokalisasi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Oleh karena itu, dia berharap pemerintah Indonesia bisa menciptakan iklim investasi yang kondusif.

"Kesimpulannya, kerja sama kedua negara memiliki potensi yang luar biasa. Kami berharap kepercayaan lebih ditingkatkan," imbuhnya.

Tidak ketinggalan, Xu Min berharap Partai NasDem dengan Partai Komunis Tiongkok bisa terus memainkan peran dan fungsi dalam memperkokoh kerja sama bilateral.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT