27 May 2020, 23:40 WIB

Wakili Sinarmas, Hotman Paris Somasi Agen Penjual Reksa Dana


Faustinus Nua | Ekonomi

PT Sinarmas Asset Management (PT SAM) menyomasi agen penjualan reksa dana PT Bibit Tumbuh Bersama (PT BTB) terkait informasi tidak benar tentang produk reksa dana. 


PT SAM menunjuk Hotman Paris and Partners sebagai kuasa hukum. Bibit merupakan salah satu agen penjual efek reksa dana produk kelolaan Sinarmas Asset Management. Agen ini diduga menyebarkan informasi menyesatkan terkait reksa dana Sinarmas kepada publik.

"Saya Hotman Paris, kuasa hukum dari PT Sinarmas Asset Management, dengan ini memberikan somasi terbuka kepada agen penjual yang menyebarkan isu melalui email dan media lainnya yang meminta para nasabah pemegang reksadana untuk menjual redemption reksadana yang dia miliki," ujar Hotman melalui akun Instagram, Rabu (27/5).

Dijelaskannya, informasi yang disebarkan agen penjual tidak sesuai dengan perintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, OJK hanya memerintahkan untuk menangguhkan sementara produk reksa dana PT SAM dan dilakukan perbaikan.

Ia meminta PT BTB segera mencabut pernyataan tersebut baik melalui email, media sosial maupun saluran informasi lainnya. Menurutnya, pernyataan itu dilakukan tanpa memeerhatikan tujuan investasi, keadaan keuangan dan profil risiko pemegang produk reksa dana.


Selaim itu, PT BTB juga harus menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan penyebaran informasi tersebut.

"Menyampaikan permintaan maaf seara tertulis terhadap PT SAM berikut kepada seluruh nasabah/ pemegang reksa dana PT SAM, yang mana surat permintaan maaf tersebut wajib dimuat di Website PT BTB agar bisa diakses masyarakat dan nasabah," tandasnya.

Sebagai informasi, OJK untuk sementara membekukan atau menangguhkan 7 reksa dana PT SAM. Hal itu kemudian disampaikan PT BTB selaku agen penjual kepada nasabah reksa dana yang dinilai oleh PT SAM telah menyebarkan informasi berlebihan dan provokatif.

Adapun, produk PT SAM yang ditangguhkan sementara oleh OJK adalah Danamas Pasti, Danamas Stabil, Danamas Rupiah dan Danamas Rupiah Plus. Selain itu ada juga reksadana Simas Saham Unggulan, Simas Syariah Unggulan dan Simas Syariah Berkembang. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT