27 May 2020, 22:09 WIB

31 Mei, Masjidil Aqsa Dibuka Kembali


Ghani Nurcahyadi | Internasional

SETELAH dua bulan ditutup oleh otoritas Israel, Masjidil Aqsa yang ada di Jerussalem Timur direncanakan dibuka kembali pada Minggu (31/5) mendatang.

"Semua pintu di Masjidil Aqsa akan dibuka sejak subuh pada Minggu," kata Direktur Masjidil Aqsa Omar al-Kiswani dikutip dari AFP.

Meski demikian, belum ada detail mengenai rencana pembukaan tempat suci ketiga bagi umat Islam itu. Belum diketahui apakah tempat yang jadi bagian dalam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW itu akan dibuka seluruhnya untuk salat, atau ibadah salat hanya diperbolehkan di halaman masjid seperti yang berlangsung dalam dua bulan terakhir.

Baca juga : Moskow akan Mulai Longgarkan Lockdown Pekan Depan

Israel menutup Masjidi Aqsa pada Maret lalu sebagai langkah untuk mengendalikan penyebaran wabah covid-19 di Israel. Meski kini, kasus covid-19 berkurang drastis di Israel, Tel Aviv menunda pembukaan Masjidil Aqsa walau tempat ibadah lainnya telah dibuka.

Masjid yang jadi salah satu titik perseteruan Palestina-Israel itu bahkan masih ditutup saat perayaan Idulfitri akhir pekan lalu yang menimbulkan bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina yang memaksa masuk ke dalam Masjidil Aqsa.

Hingga kini, Israel mencatat 16.500 kasus covid-19 di negaranya. Sedangkan Palestina yang melipuri Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan 4,5 juta penduduk, mencatatkan kurang dari 500 kasus penyakit yang disebabkan virus korona tipe baru itu. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT