27 May 2020, 21:31 WIB

Moskow akan Mulai Longgarkan Lockdown Pekan Depan


Ghani Nurcahyadi | Internasional

WALIKOTA Moskow Sergei Sobyanin mengusulkan mulai diberlakukannya pelonggaran lockdown di ibukota Rusia itu pada 1 Juni mendatang atau awal pekan depan. Pelonggaran akan membuat seluruh pertokoan dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Hari ini kita sudah mulai bicara mengenai langkah lanjutan dalam menghadapi krisis. Saya mengusulkan mulai 1 juni Moskow mulai membuka kembali pertokoan, baik yang menjual pangan maupun non-pangan" kata Sobyanin dalam telekonferensinya bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (27/5).

Sobyanin juga mengusulkan dibukanya kembali sejumlah layanan publik dengan protokol kesehatan ketat, seperti binatu dan bengkel.

Usulan itu, tegas Sobyanin, karena pandemi covid-19 di Moskow sudah terlihat melandai sejak 12 Mei lalu saat pekerja di bidang konstruksi dan manufaktur diizinkan kembali masuk kerja. Okupansi rumah sakit yang merawat pasien covid-19 pun menurun hingga 40% sejak pertengahan Mei.

Baca juga : Ketika Pasar Malam di Jepang Bersiap di Era Virus Covid-19

Pelonggaran lockdown juga berarti warga Moskow bisa keluar rumah dengan mengikuti aturan pembatasan yang dimodifikasi. Sebelumnya dibawah aturan lockdown yang diterapkan sejak 30 Maret, warga Moskow hanya boleh keluar rumah untuk menuju toko terdekat membeli kebutuhan esensial atau berjalan dengan anjing sejauh 100 meter dari rumah.

Sobyanin memastikan akan menerapkan kebijakan pembatasan ketat meski warga Moskow bisa keluar rumah. Karena bila tak dibatasi, ia khawatir akan ada gelombang baru penularan covid-19.

"Kami bersikap proaktif dan tidak membuang-buang waktu dalam kebijakan ini," kata Putin menanggapi usulan Sobyanin. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT