27 May 2020, 19:05 WIB

Penyaluran Bansos Lewat Pos Indonesia Diapresiasi


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

PEMERINTAH Indonesia menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam penyaluran bantuan sosial bavi warga terdampak covid-19. Penyaluran Bansos dilakukan oleh PT. Pos Indonesia yang punya spesialisasi di bidang logistik dan kurir. 

Presiden Joko Widodo pun sempat menyaksikan penyaluran bansos tunai di kantor pos Johar Baru, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Metode penyaluran terkoordinasi lewat PT. Pos Indonesia pun diapresiasi oleh warga penerima manfaat bansos. 

"Alhamdulillah kami atas nama pengurus RW 03 Kelurahan Gunung Sahari Selatan sangat terbantu dengan sistem penyaluran dari Pos Indonesia yang tidak mengenal waktu. Personilnya juga ikut membantu kami mencatat dan menghitung jumlah paket per RT. Good Job sukses untuk POS Indonesia," ujar Agus pengurus RW 03 Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat, seperti dalam keterangan tertulis. 

Menteri Sosial Juliari P Batubara menegaskan, bansos sembako dan bansos tunai menyasar warga yang benar-benar terdampak langsung Covid-19. 

Baca juga : Aktivitas Masyarakat Dibuka Secara Bertahap

Untuk paket bantuan sosial beras dilakukan oleh Perum Bulog yang merupakan perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Sementara  PT Pos Indonesia (Persero) adalah perusahaan negara yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik dan transaksi keuangan.

Menteri BUMN Erick Thohir juga telah meminta BUMN dan BUMD untuk bersinergi bekerja di masa pandemi maupun usai pandemi nanti dalam membantu masyarakat terdampak. 

"Saya ingin maping ulang antara kerja sama BUMN supaya ada win-win. Salah satunya sudah dilakukan provinsi lain, kita fokus di transportasi dan logistik setelah pandemi," ujar Erick. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT