27 May 2020, 18:20 WIB

NASA Mulai Percobaan Final Proyek Penerbangan Komersial


Bagus Pradana | Weekend


PENJELAJAHAN luar angkasa komersial semakin dekat ke kenyataan. Dini hari nanti waktu Indonesia barat atau petang hari waktu Florida, Amerika Serikat (AS), NASA akan menjalankan percobaan final proyek penjelajahan luar angkasa komersial dengan pesawat buatan SpaceX.

Percobaan dalam proyek bernama Launch America ini semakin penting karena ini merupakan kali pertama pesawat buatan perusahaan milik Elon Musk itu mengangkut astronot. Dua astronot NASA yang masing-masing telah dua kali ke luar angkasa, Doug Hurley dan Bob Behnken, menjajal pesawat bernama Crew Dragon itu dan kemudian akan singgah di stasiun luar angkasa NASA untuk waktu yang belum diumumkan. Misi ini juga merupakan kali pertama astronout AS terbang ke luar angkasa dari tanah AS sejak 2011.

"Kami sedang memulai era baru untuk penjelajahan ruang angkasa, ini adalah era di mana ruang akan tersedia untuk lebih banyak orang daripada sebelumnya," jelas Administrator NASA, Jim Bridenstine seperti dilansir dari bbc.com (27/5).

Hurley yang menjadi komandan misi bernama Demo-2 itu akan bertanggung jawab dalam menjajal kemampuan terbang, mendarat, dan pemulihan daya kerja dari pesawat itu. Sementara Behnken bertanggung jawab untuk menjajal fungsi pemuatan dan bongkar muat pesawat itu ke stasiun luar angkasa. 

Bagi SpaceX, misi ini juga merupakan sejarah besar. Dari sebuah perusahaan yang awalnya banyak disangsikan dan kemudian berhasil menerbangkan roket ke orbit secara swadaya pada 2008, SpaceX membuktikan dapat menjadi mitra pilihan NASA.


Meski peluncuran komersial pertama ini harus dilaksanakan ditengah krisis akibat pandemi covid 19, namun untungnya tidak ada kendala yang merintangi persiapannya. 

NASA bahkan mengaku telah melakukan upaya khusus untuk membatasi jumlah orang yang diizinkan untuk melakukan kontak dengan kedua astronotnya ini. Keduanya juga telah menjalani pengujian Covid-19 reguler dan dinyatakan negatif dari infeksi virus tersebut. Perjalanan misi juga disiarkan melalui NASA TV. (M-1)

BERITA TERKAIT