27 May 2020, 12:48 WIB

Hanya 39 Menit, Lab Drive Thru Keluarkan Hasil Tes PCR


Kautsar Bobi | Humaniora

HASIL tes virus korona (covid-19) melalui metode polymerase chain reaction (PCR) disebut mampu dihasilkan secara cepat melalui mobil laboratorium bio safety level dua (lab drive thru). Sehingga upaya memotong rantai penyebaran covid-19 dapat efektif.

"Sekitar 40 menit, tepatnya 39 menit, itu kita bisa langsung mengetahui apakah seseorang itu positif atau negatif korona," ujar Direktur PT Inti Dharma Global Indo Santoso Halim di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (27/5).

Selain itu, berbeda dengan lab PCR pada umumnya yang menggunakan liquid reagen, lab drive thru menggunakan tekonologi terbaru dari Korea selatan. Menggunakan crystal mix dengan reagent yang padat. Sehingga membuat lab PCR dapat fleksibel untuk bergerak ke lokasi yang terdampak covid-19. Termasuk dapat beradaptasi dalam suhu yang cukup ekstrem.

"Tidak perlu pendinganan khusus untuk suhu minus 80 derajat atau 20 derajat," tuturnya.

Baca juga: Sebentar Lagi, Lab Drive Thru BPPT Siap Digunakan Secara Massal

Keunggulan lainnya, mampu mendeteksi riwayat aktivitas orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) ketika berada di tengah masyarakat. Seperti menganalisa keluarganya, saudara, anak, istri dan tetangga-tengganya.

"Kita bisa tepat sasaran melakukan karantina yang terpapar positif korona ini," tuturnya.

Ia menyakini pandemi covid-19 dapat teratasi dengan baik melalui teknologi. Serta adanya peran serta lebih dari masyarakat dalam mendukung pencegahan penyebaran covid-19.(OL-5)

BERITA TERKAIT