26 May 2020, 17:21 WIB

Mal Buka di Tengah Pandemik Covid-19, Pengelola: Jangan Khawatir


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WARGA diminta tidak perlu khawatir soal rencana 64 mal di Jakarta buka kembali pada 5 dan 8 Juni mendatang ditengah pandemi Covid-19.

Ketua Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, menyebut pengelola mal wajib menerapkan standard operasional prosedur (SOP) yang mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kenapa khawatir ya? Bukannya kalau lebih banyak mal yang buka daya tampung (pengunjung) terbagi. Mal juga sudah ada SOP-nya yang ketat" ujar Ellen saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (26/5).

Pengelola mal, kata Ellen, harus memastikan di semua akses pintu masuk ada pemeriksaan suhu tubuh ke pengunjung. Apabila ada warga yang suhu tubuhnya diatas 37,5°, harus ditolak keberadaan di mal tersebut.

Ellen juga mengungkapkan, semua karyawan mal dan karyawan serta pengunjung wajib memakai masker. "Wajib pakai itu saat di mal. Harus ada physical distancing. Kapasitas naik lift dikurangi, naik eskalator enggak boleh dempet," terang Ellen.

Pengelola mal diminta mengatur tempat duduk khususnya di area food court. Peletakan meja dan kursi juga harus diberi jarak. Area kasir juga tidak luput diperhatikan, agar saat mengantre tidak berdempet juga.

"Pihak mal juga harus menyediakan hand sanitizer di beberapa akses dan area. Hal itu untuk membuat warga tenang saat ke mal," kata Ellen.

APPBI DKI menerima pengajuan dari 64 pengelola mal yang berencana buka kembali usai masa pembatasan sosial berskala besar di Jakarta usai pada 4 Juni mendatang.

"Selama ini anggota APPBI DKI mengikuti tata cara protokol yang sudah diarahkan Pemprov DKI dan Kementrian Kesehatan," pungkas Ellen. (OL-4)

BERITA TERKAIT