26 May 2020, 17:15 WIB

DIY Siapkan SOP Keadaan Normal Baru


Ardi T Hardi | Nusantara

SEKDAPROV Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji menyebutkan, kondisi saat wabah Covid-29 ini tidak  boleh dibiarkan selamanya. Pemprov DIY mempersiapkan prosedur operasional standar keadaan normal baru (the new normal).

"DIY siap apabila memberlakukan keadaan normal baru," terang dia di Kompleks Kepatihan, Selasa (26/5). Sebelum memberlakukan kebijakan tersebut, pihaknya harus terlebih dulu menyiapkan SOPnya (standard operational prosedure)

Pihaknya pun sudah mengumpulkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyusun SOP apabila keadaan normal baru diterapkan. Menurut dia, kita tidak mungkin baru bertindak setelah pandemi Covid-19 dinyatakan selesai. Pasalnya, sampai sekarang, semua pihak belum tentu waktu akhir pandemi ini.

Baskara Aji menyebut, hingga saat ini DIY belum pernah mengeluarkan kebijakan menutup pariwisata, baik objek wisata, mall, ataupun hotel. Kalaupun objek wisata, mall, ataupun hotel banyak yang tutup, kebijakan itu diambil oleh masing-masing pengelola karena sepinya pengunjung, bukan kebijakan pemerintah daerah.

Terkait rencana dibukanya kembali wisata candi, Prambanan, Ratu Boko, dan Borobudur, menurut dia, hal tersebut menjadi kewenangan dari kementrian BUMN. Namun, Baskara Aji meminta, protokol kesehatan tetap dijaga.

Misalnya, pengelola objek wisata harus memperhitungkan kapasitas objek wisata dengan jumlah wisatawan yang datang.Jumlah pengunjung harus dibatasi agar bisa menerapkan jaga jarak antar pengunjung.

Selain itu, kalau mau masuk, wisatawan juga harus cuci tangan dan mengenakan masker. Kebijakan itu juga harus diterapkan untuk tempat-tempat lain yang beroperasi. (OL-13)

Baca Juga:  Sri Sultan Tegaskan DIY belum Putuskan PSBB

 

 

 

BERITA TERKAIT