26 May 2020, 16:53 WIB

Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris JAD Kelompok Subchan


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

SETELAH berhasil menangkap dua orang terduga teroris di Solo, tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, telah berhasil menangkap tambahan empat terduga teroris di Solo.

Benar, Densus 88 menangkap 6 terduga teroris Jawa Tengah,” tutur Kabag Penum Kombes Pol. Dr. H. Ahmad Ramadhan, Gedung Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (26/5).

Ahmad menjelaskan, penangkapan di wilayah Solo tersebut terkait dengan jaringan JAD dari kelompok Subchan di Kendal.

“Keenam terduga teroris tersebut ada kaitannya dengan jaringan JAD kelompok Subchan di Kendal,” ungkap Ahmad.

Sebelumnya, Densus 88 telah menangkap dua teroris berinisial REP dan BE di Solo, pada Kamis (21/5).

Baca juga: Waspada Ancaman Teroris Saat Pandemi

Keduanya dijemput anggota Densus 88 di lokasi berbeda. REP diamankan Densus 88 saat berada di indekos, sedangkan BE ditangkap di Desa Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo.

"Keduanya ditangkap pada hari Kamis (21/5) lalu, sekitar pukul 12.30 WIB. REP ditangkap di indekos, BE (pemilik KOS) ditangkap di Gentan, Baki,“ ujar Ketua RT 05 RW 01, Kampung Losari, Kelurahan Semanggi, Pasarkliwon, Solo, Sukino.

Keduanya merupakan pendatang asal Sumatera barat. BE sendiri telah menjadi warga Solo sejak 2016. Sementara REP merupakan pendaang baru yang belum lama bertempat tinggal di Solo.

Sukino mengatakan, perilaku BE sejatinya tidak menunjukkan keanehan atau kejanggalan dalam bersosialisasi. Hal tersebut berbeda dengan REP yang jarang bersosialisasi dan tertutup kepada warga sekitar. (OL-4)

BERITA TERKAIT