26 May 2020, 12:01 WIB

Spanyol Revisi Angka Kematian Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

KEMENTERIAN Kesehatan Spanyol merevisi angka kematian akibat virus korona di negara itu turun hampir 2.000 menjadi 26.834 pada Senin (25/5) setelah memeriksa data yang diberikan oleh daerah.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (26/5), jumlah total kasus yang tercatat sejak wabah dimulai juga direvisi turun dan sekarang berjumlah 235.400, 372 lebih sedikit dari pada hari Minggu (24/5).

Baca juga: Media Brasil Putuskan Boikot Kegiatan Bolsonaro

Dalam sepekan terakhir, hanya 50 orang yang meninggal karena virus korona. Kini, jumlah total kematian kurang dari 100 dalam sehari selama lebih dari seminggu jika dibandingkan saat masa puncaknya sebanyak 950 pada awal April.

Angka harian, kata kementerian, seringkali termasuk orang yang telah meninggal beberapa hari atau bahkan beberapa minggu sebelumnya.

Koordinator Darurat Kesehatan Fernando Simon mengatakan pemeriksaan data telah menunjukkan bahwa beberapa kematian sebelumnya telah dihitung dua kali dan beberapa orang yang awalnya dianggap terinfeksi ternyata tidak memiliki virus korona.

"Kami sedang memperbaiki rangkaian ini, memvalidasi data, menghapus kasus duplikat, menghapus kasus yang diberitahu sebagai kemungkinan virus korona, dugaan kasus yang tidak dikonfirmasi," katanya.

Spanyol, negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, sekarang meminta para wisatawan asing untuk mulai berkunjung kembali ke negara itu pada Juli. Spanyol secara bertahap telah melonggarkan langkah-langkah pengunciannya yang ketat akibat virus korona. (CNA/OL-6)

BERITA TERKAIT