25 May 2020, 15:00 WIB

Tangani Covid-19, Tenaga Medis Papua Ditembak KKB


Media Indonesia | Nusantara

KELOMPOK kriminal bersenjata (KKB) di Papua bertindak laksana teroris karena menembak petugas kesehatan yang sedang menangani pandemi covid-19.

"Kedua korban ini merupakan tenaga medis yang punya tugas mulia membantu masyarakat dalam bidang kesehatan. Apalagi saat ini pemerintah sedang berjuang menghadapi pandemi covid-19," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. AM Kamal dalam siaran persnya, Senin (25/5).

Kejadian memilukan tersebut terjadi di Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Jumat (22/5) pukul 16.30 WIT.

Kombes Kamal menuturkan, dua tenaga medis yang menjadi korban adalah Amalek Bagau (30) dan Eniko Somou (39). Mereka ditembak KKB saat hendak mengantarkan obat-obatan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Intan Jaya. 

Setelah melewati jalan terjal, personel Ops Nemangkawi dan Polres Intan Jaya berhasil mengevakuasi kedua korban. Namun Eniko Somou meninggal dunia karena luka tembak yang dideritanya.

Evakuasi para korban ke Nabire menggunakan pesawat Smart Air dari Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya ke Bandara Douw Aturure. Para korban langsung dibawa ke RSUD Nabire. 

"Tempat kejadian sangat jauh dengan medan yang sulit dilalui. Hal ini merupakan salah satu hambatan yang dihadapi anggota di lapangan untuk menuju ke lokasi tersebut. Kita membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk dapat tiba di TKP," ungkap Kabid Humas.

 

BERITA TERKAIT