23 May 2020, 08:48 WIB

Polres dan Kodim Klaten Bantu Sembako untuk Seniman


Djoko Sardjono | Nusantara

SENIMAN dan pelaku seni di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mendapat paket sembako dari program bakti sosial Jumat Berkah Polres dan Kodim 0723 Klaten, Jawa Tengah, guna membantu meringankan beban hidup keluarga di tengah pandemi Covid-19. Sesuai data Dewan Kesenian Klaten, seniman dan pelaku seni yang terdampak Covid-19 sebanyak 1.047 orang. Mereka terdiri dari dalang, ketoprak, sinden, kerawitan, tari, musik, seni rupa, sastra, teater modern, srandul, jatilan, dan fotografi.

Bantuan 100 paket sembako kepada seniman dan pelaku seni, Jumat (22/5), diserahkan secara simbolis oleh Kabag Sumda AK Ahdi Rizaliansyah dan Kasdim Mayor (Inf) Ustadi Rahmad, masing-masing mewakili Kapolres dan Dandim 0723 Klaten. Untuk menghindari kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19, penyerahan bantuan dilakukan di tiga tempat berbeda, yaitu di aula Makodim, Monumen Juang 45, dan Kantor Dewan Kesenian Klaten. Acara penyerahan sesuai protokol kesehatan.

Kapolres Klaten AKB Wiyono Eko Prasetyo yang diwakili Kabag Sumda AK Ahdi Rizaliansyah mengatakan, bantuan sembako program baksos Jumat Berkah Polres dan Kodim Klaten ini diberikan kepada seniman dan pelaku seni terdampak Covid-19.

"Ini bentuk kepedulian kami, Polres dan Kodim 0723 Klaten, kepada para seniman dan pelaku seni yang terdampak Covid-19. Bantuan sembako ini untuk membantu meringankan beban hidup seniman dan pelaku seni di Klaten," ujarnya.

Senada dikemukakan Kasdim Mayor (Ind) Ustadi Rahmad yang mewakili Dandim Letkol (Kav) Minarso. 

"Jangan dilihat nilai bantuan yang diberikan, tapi azas manfaatnya bagi seniman dan pelaku seni di tengah situasi pandemi Covid-19," jelasnya.

baca juga: NasDem NTT Bagikan Sembako Pangan Lokal

Dalam sambutannya, Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten, FX Setyawan DS, menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada jajaran Polres dan Kodim 0723 Klaten yang telah memberikan bantuan sembako kepada seniman dan pelaku seni. Seniman dan pelaku seni di Klaten berjumlah 1.047 orang, terdiri dari dalang, ketoprak, kerawitan, sinden, tari, musik, seni rupa, sastra, srandul, jatilan, teater modern, media rekam, dan fotografi. Saat ini, mereka nonjob akibat Covid-19. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT