22 May 2020, 22:48 WIB

416 Pekerja Migran di Wisma Atlet Positif Korona, Ini Daftarnya


Insi Nantika Jelita | Humaniora

SEBANYAK 416 pekerja migran Indonesia di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, positif virus korona atau covid-19.

Menurut Kas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan) Mayjen Richard Tampubolon, ada 2.812 pekerja migran Indonesia diinapkan di Tower 9 Wisma Atlet Blok C-2 Pademangan.

"Dari jumlah tersebut, 416 pekerja migran Indonesia positif covid-19," ujar Richard di Jakarta, Jumat (22/5).

Baca juga: Pekerja Migran Indonesia Jangan Dicap Sebagai Pembawa Virus

Mereka berasal dari 6 negara yang terdampak covid-19 dan sebagian merupakan Jemaah Tabligh Akbar Dunia.

Selain dirawat, ribuan pekerja migran Indonesia lainya tengah menunggu hasil pemeriksaan covid-19 seperti rapid test atau swab test. Apabila hasil pemeriksaan kesehatan negatif, para pekerja migran Indonesia dipulangkan ke daerah mereka masing-masing.

Tower 9 Wisma Atlet disiapkan pemerintah untuk menampung para WNI repatriasi yang baru kembali dari luar negeri baik dari Anak Buah Kapal (ABK), pekerja migran Indonesia, dan juga mahasiswa yang terus berdatangan dari Bandara Soekarno Hatta.

Yang berjaga pun berasal dari TNI, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan dari instansi lain untuk mengawasi pasien Covid-19 di Wisma Atlet.

Sebelumnya, dalam keterangan resmi dari Brigjen TNI M Saleh, meminta kerja sama dari para WNI repatriasi yang baru masuk ke dalam Tower 9 Wisma Atlet agar dengan penuh kesadaran mematuhi aturan protokol kesehatan walaupun tanpa diperintah.

Ia mengimbau, meski tanpa ada tulisan atau pengawasan petugas, warga diminta patuh untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan di Tower 9 Wisma Atlet.

Berikut persebaran kerja 416 pekerja migran Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19 :

  1. 131 orang dari Amerika Serikat
  2. 58 PMI dari Hongkong
  3. 27 PMI dari Madrid, Spanyol
  4. 7 PMI dari Jeddah
  5. 2 PMI dari Singapura
  6. 1 PMI dari Taiwan
  7. 71 orang Jamaah Tabligh dari Arab Saudi
  8. 65 orang Jamaah Tabligh dari Pakistan
  9. 3 orang Jemaah Tabligh dari Bangladesh
  10. 1 orang pindah rawatan dari Bapelkes
  11. 50 orang dari Tower 9. (X-15)
BERITA TERKAIT