22 May 2020, 19:24 WIB

Tuntuntan Warga Terpenuhi, Bupati Sikka Copot Kades Lela


Gabriel Langga | Nusantara

SEJUMLAH warga Desa Lela, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur melakukan berbagai gerakan aksi berupa, penyegelan Kantor Desa Lela, menyandera mobil dinas pimpinan anggota DPRD Sikka dan Kadis BPMD.

Bahkan yang lebih parah lagi, warga Desa Lela ini menghadang mobil dinas Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo saat hendak melakukan
perjalanan pulang ke Kota Maumere.

Aksi nekat warga Desa Lela ini menuntut agar Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo segera mencopot Kepala Desa Lela Frederich Frans Baba Djoedje. Pasalnya, mereka menilai selama kepemimpinan Kepala Desa Lela, masyarakat tidak pernah menikmati pembangunan yang bersumber dari Dana Desa sejak 2016 hingga saat ini.

Baca Juga: Bupati Sikka Relakan Rumdinnya Jadi Area Karantina KM Lambelu

Tuntuntan warga Desa Lela akhirnya dipenuhi Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dengan mencopot Kepala Desa Lela, Frederich Frans Baba Djoedje dengan menggantikannya dengan Penjabat Kepala Desa Lela, Yosefus A. Yance Padeng untuk menjalankan roda pemerintahan Desa Lela.

Hal ini tertuang dalam keputusan Bupati Sikka dengan nomor 219/HK/2020 tentang Penjabat Kepala Desa Lela, Kecamatan Lela.

Kabaghumas Setda Sikka, Verry Awales kepada Media Indonesia melalui telepon singkatnya, Jumat (22/05) mengatakan, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo telah menunjuk Yosefus A Yance Padeng sebagai Penjabat Kepala Desa Lela.

"Tadi pagi, Bupati Sikka telah melantik penjabat Kepala Desa Lela menggantikan Kepala Desa Lela yang lama," ujarnya.

Ia menuturkan, penjabat Kepala Desa Lela akan melaksanakan tugasnya sebagai kepala desa sampai dengan ada proses pemilihan Kepala Desa Lela yang baru. "Penjabat Kepala Desa Lela yang ditunjuk oleh Bupati Sikka juga saat ini menjabat sebagai Camat di Kecamatan Lela," pungkasnya.  (GL/OL-10)

BERITA TERKAIT