22 May 2020, 19:10 WIB

Thailand Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga Akhir Juni


Nur Aivanni | Internasional

Satgas Covid-19 Thailand mengatakan pada Jumat (22/5) bahwa Thailand akan mempertahankan status keadaan daruratnya atas virus covid-19 hingga akhir Juni. Itu dilakukan dalam upaya untuk menjaga infeksi tetap terkendali ketika pemerintah bersiap untuk melonggarkan pembatasan lebih lanjut.

Setelah hampir dua bulan ditutup, pusat perbelanjaan dan department store dibuka kembali pada akhir pekan karena jumlah kasus melambat. Namun bar, klub malam, bioskop, taman bermain, dan beberapa tempat untuk olahraga tetap dilarang.

Pusat Administrasi Situasi Covid-19 (CCSA) mengusulkan perpanjangan sebagai respons terhadap perkembangan pandemi global dan untuk memberikan waktu untuk mempersiapkan pelonggaran lebih lanjut pada awal bulan depan.

Baca juga: PM Jepang Cabut Status Darurat Covid-19 di Osaka

"Alasan untuk memperpanjang keputusan keadaan darurat untuk satu bulan lagi adalah keamanan kesehatan," kata Juru Bicara CCSA Taweesin Wisanuyothin. Perpanjangan tersebut tunduk pada persetujuan kabinet pada Selasa.

Pemerintah telah memperpanjang larangan penerbangan penumpang internasional, yang telah berlaku sejak April hingga akhir Juni. Sekolah tetap ditutup dan dijadwalkan dibuka kembali pada Juli.

Total kasus yang dikonfirmasi di Thailand ada 3.037, sementara 56 di antaranya meninggal dan ada 2.910 orang sembuh. (CNA/OL-14)

BERITA TERKAIT