22 May 2020, 16:54 WIB

Jakarta, Jabar dan Jateng Tunjukkan Tren Penurunan Covid-19


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PEMERINTAH berencana melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. 

Penyesuaian PSBB rencananya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Peta jalan pemulihan ekonomi harus bertahap, tergantung tingkat kesiapan masyarakat dan publik yang menjalankan roda ekonomi," ungkap Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, dalam keterangan resmi, Jumat (22/5).

Menurut Suharso, ada beberapa indikator yang digunakan pemerintah menilai suatu wilayah bisa dilakukan pelonggaran kebijakan PSBB. Antara lain tingkat pertumbuhan virus, kesiapan sistem kesehatan publik, dan kapasitas tes.

Berdasarkan sistem yang dibuat Bappenas menggandeng para ahli epidemiologi dan merujuk ketentuan yang disyaratkan WHO, pelonggaran bisa dilakukan bila tingkat penyebaran virus yang diukur dari angka reproduksi efektif (Rt) virus harus di bawah 1,0.

"Rt di atas 1,0 menunjukkan adanya pertumbuhan kasus covid-19. Sementara Rt kurang dari 1,0 menandakan terjadinya penurunan kasus penyebaran virus korona," sambungnya.

Baca juga: Menuju Normal Baru, Bappenas Rumuskan Protokol Masyarakat

Berdasarkan indikator tersebut, Bappenas menilai DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah sudah memenuhi kriteria tersebut. Masing-masing wilayah tersebut memiliki tingkat pertumbuhan virus di bawah 1,0.

"Berdasarkan data yang dihimpun Bappenas per tanggal 18 Mei 2020, tingkat reproduksi kasus efektif (Rt) secara nasional masih di atas 1,0. DKI Jakarta, Jabar, dan Jateng sudah menunjukkan tren Rt di bawah 1,0," ujar Suharso.

Namun menurut Suharso, wilayah DKI Jakarta masih harus mempertahankan Rt di bawah 1,0 selama 14 hari ke depan sejak tanggal 18 Mei 2020 sebagai ketentuan yang dipersyaratkan WHO untuk pelonggaran PSBB.

Untuk Jawa Barat, meskipun Rt kurang dari 1,0, namun masih ada catatan karena beberapa wilayah seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan lainnya masih menunjukkan Rt di atas 1,0.

"Secara garis besar DKI dan Jabar bisa bersiap untuk melakukan pelonggaran PSBB, namun harus tetap menerapkan protokol covid-19 secara ketat," pungkasnya.

Perlu diketahui, beberapa wilayah yang masih menunjukkan Rt di atas 1,0 tertinggi ialah Maluku, NTT, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan dan Lampung. (A-2)

BERITA TERKAIT